News Update :

Stok Beras Mangkang dan Kaliwungu Melimpah

06/08/11 02.11

Semarang. Menjelang hari raya Idul Fitri / Lebaran 2011, Komisi B DPRD Jateng melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah gudang Bulog di Provinsi Jawa Tengah. Sidak tersebut dilakukan untuk memantau persediaan beras karena saat Lebaran nanti diprediksikan tingkat konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan pokok itu meningkat. Dari hasil pantauan itu, stok beras Gudang Bulog Mangkang, Kota Semarang dan Kaliwungu, Kabupaten Kendal tergolong melimpah.

Sekretaris Komisi B DPRD Jateng Yahya Haryoko mengatakan, stok beras di Gudang Bulog Mangkang dan Kaliwungu ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah kerjanya hingga bulan April atau Mei 2012. Berdasarkan data, stok beras di Gudang Bulog Mangkang sekarang ini mencapai 5.512 ton, sedangkan Kaliwungu 7.096 ton.

Dia menjelaskan, stok yang ada di kedua gudang tersebut baru mencapai 80 persen dari target produksi beras. Karena itu, stok beras di kedua gudang tersebut masih bisa bertambah lagi.

"Gudang Bulog Mangkang dan Kaliwungu kondisinya aman, bahkan stoknya bisa digunakan untuk menyuplai beras ke Grobogan. Yang perlu diantisipasi adalah Gudang Bulog Sub Divre Kedu karena daerahnya bukan termasuk produsen beras," katanya.

Dengan tingkat konsumen tinggi karena kepadatan penduduknya, menurut dia, Gudang Bulog Sub Divre Kedu malah harus mendapatkan suplai dari daerah lain produsen beras. Menjelang perayaan Lebaran, yang juga patut diwaspadai adalah penimbunan beras di pasaran. Bila ini terjadi maka harga beras bisa melonjak akibat penimbunan ini.

Untuk Gudang Bulog sendiri hanya menyediakan stok raskin (beras masyarakat miskin) sehingga tak terlalu mengkhawatirkan penimbunan beras. Jika ada masyarakat menemukan indikasi penimbunan beras, hal ini supaya bisa dilaporkan ke pihak-pihak terkait termasuk aparat kepolisian. Penindakan terhadap penimbun beras harus dilakukan supaya imbasnya tidak sampai meresahkan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Jateng Wasiman menuturkan, pemerintah pusat mewacanakan ada program pembagian raskin ke-13. Langkah ini perlu didukung suaya masyarakat kurang mampu tak kesulitan menyiapkan kebutuhan pokok tersebut di saat Lebaran. Diharapkan, Provinsi Jateng bisa merealisaikan program raskin ke-13. suaramerdeka.
Description: Stok Beras Mangkang dan Kaliwungu Melimpah

Artikel Terkait:

Saran dan Kritik
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 Kaliwungu Blog | Template modif by Awang Kinton | Powered by Blogger.